Home » » DUA KALIMAT SYAHADAT : Asyahadu an laa ilaaha illallah, Wa asyahadu anna muhammadar rasulullah

DUA KALIMAT SYAHADAT : Asyahadu an laa ilaaha illallah, Wa asyahadu anna muhammadar rasulullah

Written By islam berkata on Selasa, 19 Maret 2013 | 06.17

    Dua kalimat syahadat ialah dua perkataan pengakuanyang diucapkan oleh lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadi orang Islam. Lafadz dua kalimat syahadat :
Asyhadu an laa illaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah
Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW utusan Allah."
  Apabila seseorang yang bukan Islam, telah mengucapkan dua kalimat syahadat dengan bersungguh-sungguh, yaitu membenarkan dengan hati apa yang diucapkan serta mengerti apa yang diucapkan, maka dengan sendirinya ia telah masuk ke dalam agama Islam dan wajib ia mengerjakan rukun islam yang lima.

Dua kalimat syahadat masing-masing ialah :
1. Syahadat Tauhid bermakna menyaksikan dan mengakui keesaan Allah (tidak ada Tuhan melainkan Allah).
2. Syahadat Rasul bermakna menyaksikan dan mengakui bahwa Nabi Muhammad benar-benar utusan Allah.


    Bagi orang yang akan masuk agama Islam, dua kalimat syahadat harus diucapkan secara bersama-sama(berturut-turut) atau dalam kata lain tidak boleh dipenggal-penggal.
Penjelasan
    Orang yang hendak menjadi muslim/mukmin, pertama kali ia wajib mengucapkan dua kalimat syahadat dengan paham maknannya. Orang yang tidak dapat mengucapkan dengan lisan karena bisu atau udzur lain, atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hati sudah menyakini maka orang itu telah muslim/mukmin dihadapan Allah SWT dan akan selamat kelak di hari kemudian. Tetapi orang yang tidak mengucapkannaya (yakin) maka orang itu tetaplah seorang kafir.
     Adapun arti Islam ilah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan tulus dan ikhlas. Iman dan Islam satu sama lain tidak dapat dipisahkan sukar pula untuk dibedakan. Karena seseorang tidak dapat dikatakan mukmin , jika ia tidak tunduk menyerahkan diri di hadapan Allah dan menjunjung tinggi apa yang telah di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Begitu pula ia tidak akan tunduk menyerahkan diri dan menjunjung tinggi, jika ia tidak beriman. Maka dari itu satiap mukmin pasti muslim dan setiap muslim pastilah mukmin.
     Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian Iman dan Islam ialah mengikrarkan dengan lisan/lidah tentang keesaan Allah dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan, kemudian melaksanakan perinth-perintah-Nya  serta menjahui segala larangan-Nya. Wallahu A'lam Bishawab (dan hanya ALLAH Yang Maha Mengetahui).
Share this article :

1 komentar:

  1. alhamdulillah..sesugguhnya agama yang diridhai di sisi Allah hanyalah islam..

    BalasHapus

Wallahu A'lam Bishawab, Saya Hanya Manusia Biasa Yang Tak Luput Dari Kesalahan. Jika Ada Saudara-Saudariku Yang Dapat Menambahkan, Silakan Posting Komentar. Terima Kasih Telah Berkenan Membaca dan Berkunjung.

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ISLAM AGAMA SEMPURNA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger