Home » » MUKALLAF

MUKALLAF

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 07.04

B. MUKALLAF
    Seorang yang mukallaf adalah seorang yang dipertanggungjawabkan dengan kewajiban dan perintah untuk menjalankan hukunm tuntunan agama Islam serta menjahui perkara-perkara yang telah dilarang atas dasar orang tersebut sudah dewasa, berakal(akil baligh) serta telah mendengar seruan agama.
    Orang yang gila ataupun tidak waras bukan tergolong orang mukallaf. Seorang kanak-kanak yang belum baligh juga tidak termasuk orang mukallaf. Disisi lain, seorang yang tinggal disuatu tempat yang tidak sampai seruan agama(syariat Islam) walaupun ia telah mencapai usia dewasa(berakal) itu juga tidak tergolong menjadi orang mukallaf.
     Firman Allah SWT dalam QS.Al Israa: 15


"Barang siapayang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengadzab sebelum Kami mengutus seorang rosul."

(Al Qur'an online dapat Anda kunjung di quran.com, disitu termuat 30 Juzz lengkap beserta terjemahannya.)
Share this article :

1 komentar:

  1. alhamdulillah pagi ini dapet ilmu dari postingan sampean. jadi tau apa itu mukkalaf, apalagi ada dalilnya lagi. nambah keren hehehe. syukron katsiron ya hehehe

    BalasHapus

Wallahu A'lam Bishawab, Saya Hanya Manusia Biasa Yang Tak Luput Dari Kesalahan. Jika Ada Saudara-Saudariku Yang Dapat Menambahkan, Silakan Posting Komentar. Terima Kasih Telah Berkenan Membaca dan Berkunjung.

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ISLAM AGAMA SEMPURNA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger