Home » » HUKUM ISLAM DAN PENJELASANNYA

HUKUM ISLAM DAN PENJELASANNYA

Written By Irman Edi Sarwono on Rabu, 20 Maret 2013 | 06.51

D. HUKUM ISLAM
    1. HUKUM-HUKUM ISLAM
        Hukum Islam biasa juga disebut hukum syara'. Hukum Islam ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu:
        1. Wajib
        2. Sunnah
        3. Haram
        4. Makruh
        5. Mubah
Penjelasan :
1. Wajib (fardu) ialah suatu perkara yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan bila ditinggalkan akan mendapat dosa. Wajib (fardu) dibagi menjadi dua bagian yaitu:
  1. Wajib 'Ain (fardu 'Ain) ialah suatu perkara yang harus dikerjakan oleh setiap orang mukallaf secara sendiri/pribadi. Contoh: shalat lima waktupuasa bulan Ramadhan, dan sebagainya.
  2. Wajib Kifayah (fardu Kifayah) ialah suatu perkara wajib yang dianggap cukup apabila sebagian orang-orang mukallaf telah mengerjakan, etapi berdosalah bila tak seorangpun dari mereka tidak mengerjakannya. Contohnya: menshalatkan jenazah dan menguburkannya.
2. Sunnah ialah suatu perkara yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Sunnah dibagi juga menjadi dua bagian yaitu:
  1. Sunnah mu'akkad ialah sunnah yang amat dianjurkan untuk dikerjakan. Contohnya: shalat Tarawih, sholat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
  2. Sunnah ghairu mu'akad ialah sunnah yang tidak ditekankan untuk dikerjakan. Contohnya: shalat sunnah ghairu mu'aad seperti empat rakaat atau dua rakaat sebelum Asyar, dua rakaat sebelum Isya' dan sebagainya.
3. Haram ialah suatu perkara yang apabila dikerjakan akan mendapatkan dosa dan bila ditinggakan akan mendapat pahala. Contoh: mendurhakai orang tua, minum-minuman keras(memabukkan), berzina, mencuri dan sebagainya.

4. Makruh ialah suatu perkara yang apabila dikerjakan tidak berdosa dan bila ditinggalkan akan mendapat pahala. Contohnya: merokok, makan petai, makan bawang merah dan sebagainya.

5. Mubah ialah suatu perkara yang boleh ditinggalkan dan boleh juga dikerjakan. Contohnya: berdoa tidak menggunakan bahasa Arab, metode berdakwah yang beragam (melalui TV, radio, internet dsb).

Insyaallah pada posting selanjutnya akan dibahas mengenai SYARAT DAN RUKUN. Jazakumullah.
Share this article :

1 komentar:

Wallahu A'lam Bishawab, Saya Hanya Manusia Biasa Yang Tak Luput Dari Kesalahan. Jika Ada Saudara-Saudariku Yang Dapat Menambahkan, Silakan Posting Komentar. Terima Kasih Telah Berkenan Membaca dan Berkunjung.

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ISLAM AGAMA SEMPURNA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger